• sman gtg
  • g20.2

Selamat datang di SMAN 1 GANTUNG, Selamat Datang di Bumi Laskar Pelangi

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMAN 1 GANTUNG

NPSN : 10901018

Jl. Jenderal Sudirman Desa Gantung Kec. Gantung 33462


info@pelangisman1gtg.sch.id / smansa1gtg@gmail.com

TLP : 087898784422(WA)


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 272627
Pengunjung : 90797
Hari ini : 37
Hits hari ini : 71
Member Online : 4
IP : 18.232.127.73
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • HARRIS DIYANTO, S.Pd (Admin)
    2020-02-20 20:22:39

    siswa kls xii segera selesaikan tugasnya..
  • NURLIANTO, Amd (Guru)
    2015-06-20 10:02:25

    he.. nok lain mane ye

SMAN 1 GANTUNG TERBITKAN 3 BUAH BUKU




Alhamdulillah, hari ini 22/03/2018 kami keluarga besar SMAN 1 Gantung 

Telah menerima 150 exsemplar buku, 2 buku karya siswa ( kumpulan cerpen dan puisi Siswa SMAN 1 GANTUNG) 1 buku karya guru (kumpulan artikel ilmiah Guru SMAN 1 GANTUNG)

Setelah melalui serangkaian proses yang lumayan panjang akhirnya ketiga buku tersebut Selesai dibuat dan Sudah Kami Cetak.

Geliat literasi sekolah menjadi salah satu indikator kemampuan sekolah dalam mengembangkan kompetensi penalaran sekaligus karya kreativitas. Baik peserta didiknya, atau juga tenaga pendidiknya. Pentingnya penumbuhkembangan budaya literasi ini dianggap sebagai kunci penentuan daya saing bangsa. Sebab literasi sekolah menjadi cikal bakal pengembangan budaya melek informasi bagi masyarakat di masa depan.

 

Bila kita bicara soal literasi, berdasarkan data yang dilansir oleh UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), bahwa Indonesia masuk di peringkat 60 dari total 61 negara. Ini tentu mengkhawatirkan, dimana Indonesia sebagai negara kepualaun terbesar dengan berbagai bonus demografi yang merangkak naik, justru tingkat melek aksara dan minat baca berada di dua peringkat terbawah.

 

Salah satu faktor penyebab mengapa minat baca masyarakat Indonesia begitu rendah, adalah kebiasaan secara turun temurun masyarakatnya yang  mengedepankan budaya tutur ketimbang budaya baca. Anak-anak dibiasakan menyaksikan kepiawaian bertutur orang dewasa, tetapi miskin akan karya tulis yang didasari oleh rendahnya minat baca. Anak-anak juga jarang menemukan contoh minat baca yang mumpuni, baik dari keluarganya atau juga dari lingkungan sekolah.

Ini mungkin salah satu sebeb mengapa kemudian pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yang kemudian menginisiasi program nasional bernama Gerakan Literasi Bangsa (GLB) dan turun ke setiap sekolah dengan nama Gerakan Literasi Sekolah.

 

SMAN 01 Gantung mencoba terus mewadahi kegiatan dan pengembangan literasi sekolah dengan berbagai fasilitasi dan program. Salah satu bentuk nyata penerapan itu adalah dengan pembinaan berkala dalam bidang penulsian yang kemudian melahirkan karya buku ini.

Apresiasi yang sangat tinggi atas hadirnya 3 Buah Buku ini yang menjadi karya bersama kerjasama pengembangan literasi di SMAN 01 Gantung. Terimakasih untuk anak-anak didik tercinta yang telah menunjukkan karyanya Juga kepada Semua pihak yang telah membantu. (Sabarudin. M.Pd)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas